Selamat Datang di Blog Kami - "Mari Kita Ciptakan Hidup Bersahabat dengan Diabetes Melitus Melalui Pola Hidup Sehat" - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Selasa, 06 November 2012

Hemoglobin A1C

Selain terdapat dalam urine, glukosa juga terdapat dalam hemoglobin A. Dengan melakukan tes Hb A1C, seseorang dapat mengetahui kadar gula dalam darahnya.

Hemoglobin A1C merupakan pigmen darah merah yang bertugas menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hb A1C dihitung dalam jumlah persentase dari total hemoglobin dengan metode tertentu. Hemoglobin tersebut bercampur dengan glukosa dalam proses kimiawi. Jumlah Hb A1C mewakili jumlah glukosa darah selama 120 hari.

Tes Hb A1C selama ini banyak berhasil dalam memberikan tingkat control terhadap diabetes. Tes tersebut menunjukkan jumlah rata-rata gula darah dalam 2-3 bulan. Angka normal dari satu klinik dengan lainnya masih membingungkan. Diabetes UK memberikan patokan angka yatiu 4,5 % dan 6,1 %, tetapi harus dicek sesuai dengan klinik anda. Seseorang dengan control diabetes yang buruk angka Hb A1C di atas 15 % dan antara 6,5 % -  7,5 %. Adapun orang yang kelebihan dosis insulin, memiliki nilai Hb A1C dibawah 6 %.
                
Tes fluktosamin hamper sama dengan tes Hb A1C tes tersebut digunakan untuk mengukur jumlah glukosa dalam darah yang terikat dalam protein pada plasma darah dan biaya tes tersebut lebih murah daripada tes Hb A1C. Angka normal dari satu klinik dengan lainnya berbeda-beda tergantung metode analisisnya. Namun, pada umumnya nilai tes dibawah angka 300 mmol/l merupakan angka normal. Untuk lebih jelasnya, tanyakan hal ini kepada klinik. Nampaknya dokter telah yakin pada kemampuan anda dalam mengontrol diabetes. Jika anda dapat terus mempertahankannya, tidak mustahil dokter hanya perlu bertemu anda sekali dalam setahun. Ceritakan pengalaman anda kepada pasien yang belum begitu berhasil dalam mengontrol diabetes dan jangan lupakan klinik yang telah membantu anda dalam mendapatkan kesuksesan dalam mengontrol diabetes.
                
Bila kita sudah melakukan diet ketat namun hasil tes Hb A1C masih tinggi Itu merupakan pengalaman yang berharga bagi anda supaya tidak salah dalam mengontrol diabetes. Tes Hb A1C menggambarkan jumlah rata-rata gula darah selama dua sampai tiga bulan. Usaha diet ketat yang anda lakukan sebelum berkunjung ke klinik mungkin bisa menurunkan tes gula darah, tatapi Hb A1C akan tetap tinggi.
                
Hb A1C yang rendah menunjukkan bahwa dalam beberapa tahap tertentu gula darah bisa berubah menjadi terlalu rendah dengan melakukan tes pada pukul 3 pagi, anda dapat mengetahui  tingkat gula darah pada waktu tersebut. Sebenarnya, tes tersebut dilakukan untuk mengetahui anda terkena hipo dalam malam hari atau tidak. Tes tersebut perlu dilakukan secara rutin.
                
Merupakan suatu hal yang wajar bila anda tidak menyukai anjuran dokter untuk menyuntikkan insulin. Namun, hal itu menunjukkan bahwa control diabetes anda masih buruk. Anda bisa minum glitazone. Obat tersebut bisa menurunkan Hb A1C anda hingga 7,5 %. Jika gagal, jalan satu-satunya adalah menghentikan insulin. Anda tidak perlu khawatir karena menyuntik insulin sangatlah mudah dan tidak menakutkan. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa insulin mampu menurunkan gula darah dan mereka merasa lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar