Selamat Datang di Blog Kami - "Mari Kita Ciptakan Hidup Bersahabat dengan Diabetes Melitus Melalui Pola Hidup Sehat" - Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Selasa, 06 November 2012

Puasa dan Diabetes

Bagi kaum muslim, berpuasa adalah suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan dengan alas an apapun. Dengan demikian, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar diabetes tidak mengganggu puasa. 

Orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan mengalami perubahan tingkat gula darah yang bervariasi sebagai akibat perbedaan jumlah karbohidrat sebelum dan setelah menjalankan puasa. Jika mempunyai diabetes tipe 2, anda tidak dapat melakukan perawatan dengan diet puasa. Namun, ada perubahan pola makan yang akan berpengaruh pada diabetes anda. Jika menggunakan insulin, tablet sulfonilura, atau kombinasi keduanya, anda harus membicarakannya dengan dokter beserta efek dan cara mengontrolnya sebelum bulan puasa dimulai. 

Jika menggunakan sulfonilura tablet dan berpuasa selama bulan Ramadhan, anda bisa meminumnya 30 menit sebelum makan saat berbuka puasa. Anda juga tidak boleh melupakan sahur. Obat Repaglinide (NovoNorm) bisa sedikit membantu dan bisa diminum sebelum atau setelah makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar